Halaman

Minggu, 24 Juli 2011

Kotagede dalam Komik




KOTAGEDE DALAM KOMIK

Penerbit: Jalasutra dan Studio Diskom DKV FSR ISI Yogyakarta
Cetakan: I, 2010
Tebal: 152 halaman

Buku Kotagede Dalam Komik merupakan kumpulan dari 12 komik dengan tema Kotagede, yang dibuat oleh 12 orang komikus. Berbagai imajinasi dipautkan dengan suasana kehidupan Kotagede dan kemudian dituangkan di dalam larik-larik gambar komik. Tema-tema komik yang bermacam tidak hanya digantungkan pada imajinasi pembuat komik semata, namun juga dilandaskan studi, observasi, dan wawancara dengan nara sumber tentang kehidupan Kotagede melalui beberapa proses tahapan. Hasilnya, buku ini menyuguhkan suasana Kotagede secara fiksi namun dilandasakan realita masyarakat Kotagede, di dalam gambar-gambar komik. Komik-komik yang disajikan dianggap cukup kuat di dalam narasi sekaligus bahasa visual komik. Cukup menghibur.


Buku komik ini diharapkan dapat dibaca oleh anak-anak serta pihak-pihak yang ingin tahu keragaman hal tentang budaya Kotagede seperti mistik, kuliner, perak (perhiasan), heritage, hingga dilema psikologis remaja di Kotagede. Pada bagian akhir buku ini disertakan biodata para narasumber yang dijadikan sebagian bahan-bahan inspirasi pembuatan komik.

Buku ini diterbitkan oleh Studio Diskom Program Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dalam event Diskomfest IV DKV FSR ISI Yogyakarta (Oktober-November 2010) bersama Culture Expansion. Komik di dalam buku ini merupakan seleksi dari 23 komikus yang mengumpulkan karya. Setelah dilakukan kurasi dan seleksi, terpilih 12 komik yang diterbitkan di dalam buku ini.

1 komentar:

  1. T-Shirt – How to Choose a T-Shirt for Your Home
    This is a t-shirt with titanium exhaust wrap textured textured lines titanium bolt and babylisspro nano titanium top, textured textured T-Shirt – How to Choose a T-Shirt titanium bmx frame for Your Home. Shop T-Shirt – How to Choose titanium necklace a T-Shirt for

    BalasHapus